7 Langkah Sebelum Berbelanja Online


    7 Langkah Sebelum Berbelanja Online

    7 Langkah Sebelum Berbelanja Online

    Banyak masyarakat yang masih was-was akan belanja online, mungkin karena banyak situs atau toko online penipu yang muncul guys. Tapi, apakah itu akan menyulutkan kita ? Gak lah ya guys, karena banyak situs jual beli online yang terpercaya, dan tergantung kita saja mengantisipasinya.

    Lalu, apa yang harus kita lakukan sebelum belanja secara online ? Yuk, lihat tips yang satu ini guys.

    1.Lakukan Riset terlebih dahulu.
    Riset ini tidak perlu ribet, kita perlu melihat beberapa informasi yang jelas. Informasi itu terdiri keberadaan kantor penyedia jasa, kontak yang akurat (kalau bisa hubungi terlebih dahulu) dan melihat jenis produk yang ditawarkan.

    2.Lihat harga produk.
    Penipu banyak mengiming-imingi para calon konsumennya dengan harga yang lebih murah dibandingkan lainnya. Ini merupakan salah satu yang harus kita hati-hati. Karena, seyogyanya, harga bisa saja murah, tapi gak mungkin dong melampaui batas kewajaran guys.

    3.Intip secara seksama testimoni konsumen.
    Testimoni sangat penting, terutama yang berbelanja pada toko online yang spesifik. Jangan begitu percaya dengan testimoni, karena terkadang itu hanya dibuat-buat, jadi telitilah.

    4.Pencarian pada Search Engine.
    Cobalah melakukan pencarian terlebih dahulu pada mesin pencarian. Karena, biasanya konsumen yang tertipu, apalagi banyak, pasti ada yang memposting di dunia maya. Misalkan kita cari salah satu toko online pada mesin pencarian 'Google'.

    5.Sistem pembayaran.
    Walaupun ini langkah terakhir, ini cukup penting, dengan melihat sistem pembayarannya kita bisa mengetahui apakah toko online ini bermain-main, maupun penipu.

    6.Belanja pada situs eCommerce yang sudah terpercaya.
    Jika kita ingin sekali aman, belanjalah dengan situs eCommerce yang telah sangat terpercaya. Karena, saat ini sudah banyak bertebaran situs eCommerce yang terpercaya, semisal Lazada.co.id, Zalora.co.id, BliBli.com, BerryBenka.co.id, Tokopedia.com, Bukalapak.com dan terakhir meroket MatahariMall.com.

    7.Cek toko online pada situs pemantau Toko Penipu.
    Ada salah satu situs yang khusus dalam menangani agar para calon konsumen tidak tertipu dalam melakukan pembelian secara online, yakni PolisiOnline.com. Mereka bertugas mengecek segala bentuk informasi yang ada pada toko online, dan menyimpulkan apakah sebuah toko online tersebut terpercaya atau tidak.

    Iya, itu guys tips dari Uleks buat kalian yang akan melakukan pembelian barang secara online. Terpenting itu adalah teliti, jangan ngasal transfer nanti malah bengong jadinya.

    Advertisement