Bulan ini Rating Game akan Dirilis Pemerintah Indonesia


    Bulan ini Rating Game akan Dirilis Pemerintah
    Berita Terkini - memang permasalahan yang di isu isukan akan game sebagi perusak moral dan tikah laku terhadap anak, permasalahanny masaih bergurilir sampai saat sekarang. Sebagai contoh pada bulan kemaren, Industri game di Indonesia sempat keruh karena tuntutan KPAI yang menuntut pemerintah untuk menutup beberapa daftar game online karena memiliki dampak buruk untuk anak. Pemerintah berniat untuk mengembalikan keadaan menjadi terkendali dan kondusif, sehingga pemerintah bisa memutuskan untuk membuat sistem rating game sendiri di Indonesia.
    Rudiantara
    Berdasarkan hasil peberitahuan dari Menteri Komunikasi dan Indormatika Rudiantara mengatakan, pemerintah akan mengeluarkan Peraturan Menteri yang mengatur soal rating dari permainan di gadget. Dalam permen itu akan diatur klasifikasi usia dan kontennya.

    Jika dilihat dari hasil kutipan kompas (6/6/2016), bahwa rencananya, rating game akan dirilis pada bulan ini sebelum Hari Raya Idul Fitri. Menurut Rudiantara, rating untuk game akan mencegah anak-anak mengakses permainan yang tidak sesuai dengn umurnya atau dianggap berbahaya untuk anak.

    Maka peranan orangtua pun bisa dengan mudah memilah permainan apa yang baik untuk anak. dengan artinya, orang itu harus tahu, bahwa ini hanya dipakai untuk sampai dengan 3 tahun misalkan. Ada yang 10 plus. Kalau di Indonesia kan batas anak-anak itu 18 tahun," kata Rudiantara.

    Kemenkominfo juga akan ikut bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan daan Kebudayaan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta pengembang permainan di dalam negeri, agar bisa terjaga dengan baik.

    Baca Juga

    Berita
    Pada bulan yang lalu Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memang pernah mendesak Kemenkominfo agar game online yang berbau kekerasan dan pornografi segera dilakukan penindakan. Namun karena ucapan yang diulas pada situs resmi KPAI, beberpa pihak tidak bisa meneriam akan pemlokiran 15 daftar game yang sudah memiliki rating game baik di indonesia, karena hal tersebut bertentangan, maka berakibatkan situs KPAI di retas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

    Rudiantara mengatakan, rencananya pekan depan akan ada pertemuan lagi dengan pengembang permainan di Indonesia untuk menyambut hari permainan usai lebaran. Dan juga kami akan bicarakan lebih detil lagi pada pihak KPAI yang juga terlibat untuk melakukan rating dari game.
    Advertisement